Blem.com: Inilah Tiga Sifat yang Merusak Para Pelajar

Selasa, Maret 29, 2016

Inilah Tiga Sifat yang Merusak Para Pelajar

Blem.com, Pada hakikatnya manusia adalah pelajar. Bukan berarti hanya pelajar di sekolah melainkan pelajar dalam arti luas. Yaitu memahami makna-makna kehidupan yang setiap hari dia jalani. Baik dalam keluarga, lingkungan atau dunia lain yang dia hadapi. Maka, sebagai pelajar sebaiknya manusia menghindari tiga sifat yang bisa merusak.
Ketahuilah bahwa belajar merupakan proses memperbaiki diri dari tidak tahu menjadi tahu. Dari tidak bisa menjadi bisa. Oleh karenanya, seorang pelajar yang baik semestinya selalu melihat kekurangan pada dirinya di dalam belajar guna mendapatkan hasil yang lebih baik. Namun seringkali manusia terjebak pada lingkarang dosa yang mengakibatkan hilangnya pahala dari proses yang telah ia tempuh sebelumnya. Hal ini dikarenakan ada beberapa hal yang dia tidak bisa mengatasinya. Diantara  hal-hal tersebut adalah:
Riya’.  Riya’ merupakan sifat hati yang menjadikan para pelajar  lupa daratan. Pelajar dituntut untuk menigkatkan prestasi, sebab dengan prestasi ia akan menjadi lebih unggul dibandingkan dengan pelajar lain. Akan tetapi seringkali dengan prestasi yang ia dapatkan, sering membuat lupa bahwa sejatinya apa yang ia peroleh hanyalah milik Allah. Jikalau Dia menghendaki, maka mudah saja Dia mencabut hal tersebut darinya. Oleh karenanya,  sifat riya’ sangat berbahaya sebab dengan sifat itu dia merasa lebih senang disanjung dan dipuja-puja. Meskipun itu hanyalah hak dari orang lain yang melihatnya. Akan tetapi jika hal ini dibiarkan akan membawa manusia pada kesalahan.
Sombong. Sesseorang yang memiliki kelebihan cenderung memiliki sifat sombong. Sebab sifat sombong merupakan membanggakan diri yang berlebihan sehingga ia merasa bahwa dirinyalah yang paling istimewa. Jika seorang pelajar memiliki sifat sombong, maka bisa jadi justru inilah yang akan menghancurkan prestasinya. Sebab bisa jadi dengan sifat tersebut dia merasa lebih unggul dari yang lainnya. Apabila hal ini dibiarkan maka akan berdampak pada sikap merasa telah cukup memiliki ilmu. Akhirnya hal ini membawa pada kemalasan untu senantiasa belajar. Padahal kita tahu bahwa belajar merupakan sebuah keharusan.
Dengki. Dengki merupakan sifat yang juga dapat merusak pelajar. Ia merupakan sifat tercela yang hinggap di hati seseorang karena tidak senang dengan apa yang dimiliki oleh orang lain. Orang yang dengki biasanya akan selalu memandang bahwa dirinya harus “lebih Baik” dari orang lain. Dengan tujuan agar ia lebih unggul dari yang lainyya. Memang, kita dianjurkan untuk berlomba-lomba dalamkebaikan, akan tetapi berlomba dalam kebaikan seringkali menjebak manusia pada sifat ini. Oleh karenanya kehati—hatian lah yang semestinya kita jaga agar antara niat yang baik tidak bercampur dengan kejelekan. Maka, niatkanlah segala sesuatu itu karena Allah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar