Blem.com: Macam-macam Cinta

Selasa, Maret 29, 2016

Macam-macam Cinta

Blem.com.  Cinta merupakan hal yang wajibul kudu alias haruss ada dalam jiwa setiap manusia. Sebab dengan cinta manusia ada. dengan cinta perputaran dunia ini akan berjalan. Karena segala sesuatu yang tidak dilakukan dengan cinta, maka hasilnya tidak akan sempurna. Bekerja bila tanpa cinta, maka pekerjaan yang dia lakukan hanya akan mendapatkan cape saja. Belajar tanpa rasa cinta, juga hanya akan menghabiskan waktu saja. Akan tetapi bila semua hal kita dassari dengan cinta, maka semua yang sulit akan menjadi indah, semua yang berat akan menjadi ringan dan semua kebuntuan akan terasa ringan dilakukan. In syaallah.
Dalam urusan cinta, ada tiga cinta yang harus dimiliki oleh manusia yaitu:
1.      Cinta penghormatan
2.      Cinta kasih sayang
3.      Cinta simpati
Cinta penghormatan adalah cinta pengagungan terhadap orang yang lebih mulia kedudukannya. Cinta ini akan menghantarkan manusia untuk lebih  menghormati siapa saja yang lebih dari dirinya. Seperti halnya penghormatan kepada guru, orang tua serta orang lain yang wajib kita hormati.
Cinta karena kasih sayang merupakan cinta yang timbul dari orang yang lebih tua terhadap yang muda. Seperti halnya cinta orang tua kepada anaknya. Cinta murid terhadap anak didiknya ataupun cinta orang yang lebih dewasa terhadap orang yang lebih muda. Cinta ini sangat penting adanya agar dalam kehidupan ini manusia bisa saling menjaga kehormatan sesama. Apabila cinta penghormatan dan cinta kasih sayang ada dalam setiap hati manusia, maka akan terwujud tatanan kehidupan yang saling hormat menghormati, kassih mengasihi.
Adapun cinta simpati adalah cinta terhadap sesuatu yang membuat kita terkagum. Dari beberapa hal keindahan di dunia. Adakalanya dia kagum terhadap prestasi seseorang. Kagum terhadap kebaikan seseorang ataupun yang lainnya.
Inilah tiga cinta yang harus dimiliki oleh manusia. Cinta yang mengarahkan manusia menuju keterraturan hidup.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar