Blem.com: Inilah 5 Cara Memilih Teman

Rabu, Maret 30, 2016

Inilah 5 Cara Memilih Teman

Blem.com. Manusia  sebagai makhluk sosial membuat dia tidak bisa melepaskan diri dari orang lain. Setiap hari ia memerlukan uluran tangan dari orang lain. Meskipun hanya untuk meminum segelas air. Ia memerlukan ratusan, ribuan bahkan jutaan orang yang akan membantu anda. Maka dari itu, bertemanlah dengan orang yang akan membawa anda pada kemanfaatan hidup, bukan dia yang suka melalaikan waktunya hanya untuk kepentingan dunia ssemata.
Adapun jika anda ingin berteman, ingatlah pesan dari Sahl bin Abdullah yang mengatakan bahwa “Hindarilah berteman dengan tiga macam orang, yaitu penguasa yang sombong dan lalai, para ahli baca (uama) yang berpura—pura baik serta para pengamal tasawuf yang bodoh. Maka dari itu sudah semestinya kita dapat meilih dengan siapa kita berteman.
Adapun apabila kita mencari teman, maka pilihlah mereka dengan lima hal berikut:
Pertama, carilah teman yang cerdas, yaitu orang yang memahami segala urusan menurut apa adanya. karena tiada kebaikan dalam berteman dengan orang dungu yang hanya menimbulkan keresahan dan berakibat pada pemutusan hubungan. Maka, memutuskan hubungan dengan orang yang dungu adalah pendekatan kepada Allah.
Kedua, carilah teman yang berakhlak mulia. Hal ini sangatlah perlu, sebab bisa jadi orang yang cerdas tidak memiliki akhlak yang baik. Oleh karenanya, memilih temaan dengan kualitas akhlaknya merupakan sebuah keharusan. Karena manusia diukur dari temannya. Maka apabila ia berteman dengan orang yang jelek akhlaknya, berarti dia juga termasuk dari golongannya.
Ketiga, Janganlah berteman dengan orang fasik. Yaitu orang yang mengetahui hukum-hukum Allah akan tetapi dia tidakmelaksanakan apa yang dia ketahui. Oleh karenanya dia selalu berbuat maksiat kepada Allah. Apabila kita berteman dengan orang semacam ini, maka yang timbul bukanlah kebikan melainkan sebuah kerugian yang nyata. Sebab orang yang tidak merasa taku kepada Allah akan selalu menimbulkan gangguan terhadap orang lain.al-Ghazali berkata; Hindarilah berteman dengan orang fasik, karena penyaksian kefasikan dan maksiat secara terus menerus menghilangkan dari hatimu kebencian terhadap maksiat dan memudahkan bagimu untuk berbuat maksiat.
Keempat, Hindarilah orang yang tamak terhdap dunia. Sebab berteman dengan orang yang tamak terhadap orang yang tamak terhadap dunia merupakan racun yang mematikan karena akan menciptakan tabiat buruk yaitu dengan mengikuti temannya. Maka dapat disimpulkan bahwa berteman dengan orang tamak, akan menjadikan seseorang yang tamak pula.
Kelima, Bertemanlah dengan orang yang jujur. Di zaman yang sudah serba edaan ini memilih teman yang baik dan benar sangatlah langka, sebab sikap seperti ini telah banyak meracuni generasi muda kita. Mencari orang yang jujur ibarat mencari jarum di tengah lautan, angatlah susah meskipun bisa ditemukan.
Dari sekian banyak caramencari teman yang terpenting adalah mengedepankan akhlaknya. Sebab ketika seseorang berakhlak, berarti dia memiliki ilmu yang diamalkan, maka carilah temanmu agar kau selamat. Selamat mencoba....

Sumber: Maraqil Ubudiyyah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar