Blem.com: Paham yang Salah atau Salah Paham?

Minggu, Maret 20, 2016

Paham yang Salah atau Salah Paham?

Umat Islam kini berada dalam fase yang sangat memprihatinkan. Pasalnya, sejak zaman para sahabat hingga sekarang masih banyak terjadi perbeeu utama. Anggapan bahwa paham yang dianut olehnya benar dan yang dianut oleh orang lain salah menjadikan umat Islam seakan terkotak-kotak dengan kelompoknya masing-masing. Gengsi serta argumen yang berdalilpun menjadi alasan atas pendapat masing-masing.  Maka lengkaplah sudah semuanya.

Perkara perbedaan sejatinya merupakan sunnatullah yang tidak layak dibesar-besarkan. Anggap saja bahwa semuanya itu merupakan ilmu yang berasal dari Allah. Interpretasi yang berbeda bukan menjadi alasan untuk saling menyalahkan antar kelompok. Penganut NU selayaknya tidak menjadi penyalah, penyebar fitnah atas aliran-aliran yang lain seperti Muhammadiyah, Wahabi serta yang lainnya. begitupula sebaliknya. bagi manusia-manusaia lain tak pantas kiranya salah menyalahkan mazhab yang lain. Toh semua mereka yang akan diadili sendiri dihadapan Allah di akhirat kelak.

Sebab,jika hal ini menjadi hal  yang terus berkelanjutan, akan muncul berbagai macam kesaalahpahaman diantar umat Islam ataupun non Muslim. Tentunya kita berharap agar paham yang salah ataupun juga salah paham tidak terjadi dikalangan umat Islam.
bersatulah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar