Blem.com: Adab Bergaul dengan Allah

Selasa, Maret 08, 2016

Adab Bergaul dengan Allah

Sejelek-jelek manusia adalah ia yang tidak memiliki akhlak. Sebab akhlak merupakantolak ukur keimanan seorang manusia. Seseorang bisa dikatakan memiliki iman yang sempurna apabila ia memiliki akhlak yang baik. Begitupun sebaliknya, apabila manusia tidak memiliki akhlak yang baik berarti ia belum memiliki keimanan yang sempurna.

Oleh karenanya, dalam pergaulan pun memiliki aturan dan cara agar manusia terhindar dari kejelekan akhlak. dalam hal ini ketika seorang hamba ingin bergaul dengan Allah maka ia harus memiliki adab bergaul. Dimana adab bergaul dengan Allah itu ada empat belas:

  1. Menundukan kepala dan merendahkan pandangan
  2. Memusatkan perhatian kepada Allah
  3. Memperbanyak diam disertai dengan dzikrullah. Halini sesuai dengan sabda nabi: "Hendaklah engkau banyak diam, karena hal itu bisa mengusir syetan".
  4. Menenangkan anggota badan dari gerakan yang sia-sia. Karena pada waktu itu dituntut khusuk, tunduk dan kehadiran hati berssama Allah
  5. Segera mematuhi perintah
  6. Menjauhi larangan
  7. sedikit menyanggah takdir
  8. Senantiasa berdzikir, yakni dengan lian dan hati
  9. Selalu memikirkan tentang nikmat Allah dan keagunganNYa.
  10. Mengutamakan kebenaran diatas kebathilan
  11. Tidak mengandalkan manusia dalam segala keperluan, baik diwaktu bepergian maupun di dalam kota, karena manusia tidak bisa memberikan manfaat dan tidak menimbulkan bahaya (tanpa kehendak Allah)
  12. Tunduk disertai rasa takut kepada Allah
  13. Bersedih disertai rasa malu kepada Allah atas kecerobohan dalam ibadah
  14. Tidak mengandalkan siasat dalam mencari keberhsilan karena percaya pada jaminan Allah. Hal ini ebagaimana firman Allah: "Dan tidak ada suatu binatang melata pun di bumi melainkan Allah yang memberi rizkinya".
Demikian empat belas adab bergaul dengan Allah. semoga kita dapat menga,malkannya sehingga ibadah kita berada dalam jalan yang telah digariskanNya. Amin

Maraji': Maraqil Ubudiyyah

Tidak ada komentar:

Posting Komentar