Biografi Imam Nasa’i
Nama imam Nasa’i adalah Ahmad bin Syu’aib bin Ali bin Sinan bin
Bahr. Adapun Kuniyah beliau adalah Abu Abdirrahman. Nisbat beliau terhadap An
Nasa`i dan An Nasawi, adalah nisbah kepada negri asal beliau, tempat beliau di
lahirkan. Satu kota bagian dari Khurasan. Beliau dilahirkan pada tahun 215
hijriah dan wafat pada tahun 303 H dan dikebumikan di Bait al-Maqdis.
Sifat-sifat beliau: An Nasa`i merupakan seorang lelaki yang ganteng,
berwajah bersih dan segar, wajahnya seakan-akan lampu yang menyala. Beliau
adalah sosok yang karismatik dan tenang, berpenampilan yang sa[1]ngat
menarik.
Kondisi itu karena beberapa faktor, beliauntaranya; beliau sangat
memperhatikan keseimbangan dirinya dari segi makanan, pakaian, dan kesenangan,
minum sari buah yang halal dan banyak makan ayam.
Aktifitas beliau dalam menimba ilmu
Imam Nasa`i memulai menuntut ilmu lebih dini, karena beliau
mengadakan perjalanan ke Qutaibah bin Sa’id pada tahun 230 hijriah, pada saat
itu beliau berumur 15 tahun. Beliau tinggal di samping Qutaibah di negrinya
Baghlan selama setahun dua bulan, sehingga beliau dapat menimba ilmu darinya
begitu banyak dan dapat meriwayatkan hadits-haditsnya.
Imam Nasa`i mempunyai hafalan dan kepahaman yang jarang di miliki
oleh orang-orang pada zamannya, sebagaimana beliau memiliki kejelian dan
keteliatian yang sangat mendalam. maka beliau dapat meriwayatkan hadits-hadits
dari ulama-ulama kibar, berjumpa dengan para imam huffazh dan yang lainnya,
sehingga beliau dapat menghafal banyak hadits, mengumpulkannya dan
menuliskannya, sampai akhirnya beliau memperoleh derajat yang pantas dalam
disiplin ilmu ini.
Beliau telah menulis hadits-hadits dla’if, sebagaimana beliaupun
telah menulis hadits-hadits shahih, padahal pekerjaan ini hanya di lakukan oleh
ulama pengkritik hadits, tetapi imam Nasa`i mampu untuk melakukan pekerjaan
ini, bahkan beliau memiliki kekuatan kritik yang detail dan akurat, sebagaimana
yang di gambarkan oleh al Hafizh Abu Thalib Ahmad bin Sazhr; ‘ siapa yang dapat
bersabar sebagaimana kesabaran An Nasa`i? beliau memiliki hadits Ibnu Lahi’ah
dengan terperinci - yaitu dari Qutaibah dari Ibnu Lahi’ah-, maka beliau tidak
meriwayatkan hadits darinya.’ Maksudnya karena kondisi Ibnu Lahi’ah yang
dla’if.
Dengan ini menunjukkan, bahwa tendensi beliau bukan hanya
memperbanyak riwayat hadits semata, akan tetapi beliau berkeinginan untuk
memberikan nasehat dan menseterilkan syarea’at (dari bid’ah dan hal-hal yang
beliauda-adakan)
Sebagaimana imam Nasa`i selalu berhati-hati dalam mendengar hadits
dan selalu selektif dalam meriwayatkannya. Maka ketika beliau mendengar dari Al
Harits bin Miskin, dan banyak meriwayatkan darinya, akan tetapi beliau tidak
mengatakan; ‘telah menceritakan kepada kami,’ atau ‘telah mengabarkan kepada
kami,’ secara serampangan, akan tetapi beliau selalu berkata; ‘dengan cara
membacakan kepadanya dan aku mendengar.’ Para ulama menyebutkan, bahwa faktor
imam Nasa`i melakukan hal tersebut karena terdapat kerenggangan antara imam
Nasa`i dengan Al Harits, dan tidak memungkinkan baginya untuk menghadiri majlis
Al Harits, kecuali beliau mendengar dari belakang pintu atau lokasi yang
memungkinkan baginya untuk mendengar bacaan qari` dan beliau tidak dapat
melihatnya.
Imam Nasa`i mempunyai lawatan ilmiah cukup luas, beliau berkeliling
ke negri-negri Islam, baik di timur maupun di barat, sehingga beliau dapat
mendengar dari banyak orang yang mendengar hadits dari para hafizh dan syaikh.
Diantara negri yang beliau kunjungi adalah sebagai berikut:
Khurasan, Iraq meliputi Baghdad, Kufah dan Bashrah, Haran, Maushil, Syam, Hijaz,
Mesir, serta perbatasan wilayah negri islam dengan kekuasaan Ramawi.
Guru-guru beliau
Kemampuan intelektual Imam Nasa’i menjadi matang dan berisi dalam
masa lawatan ilmiahnya. Namun demikian, awal proses pembelajarannya di daerah
Nasa’ tidak bisa dikesampingkan begitu saja, karena di daerah inilah, beliau
mengalami proses pembentukan intelektual, sementara masa lawatan ilmiahnya
dinilai sebagai proses pematangan dan perluasan pengetahuan.
diantara guru-guru beliau, yang teradapat didalam kitab sunannya
adalah sebagai berikut: Qutaibah bin Sa’id, Ishaq bin Ibrahim, Hisyam bin
‘Ammar, Suwaid bin Nashr, Ahmad bin ‘Abdah Adl Dabbi, Abu Thahir bin as Sarh, Yusuf
bin ‘Isa Az Zuhri, Ishaq bin Rahawaih, Al Harits bin Miskin, Ali bin Kasyram,
Imam Abu Dawud, Imam Abu Isa at Tirmidzi dan lainya.
Murid-murid beliau
Diantara urid-murid yang
mendengarkan majlis beliau dan pelajaran hadits beliau adalah: Abu al Qasim al Thabarani,
Ahmad bin Muhammad bin Isma’il An Nahhas an Nahwi, Hamzah bin Muhammad Al Kinani, Muhammad bin
Ahmad bin Al Haddad asy Syafi’i, Al Hasan bin Rasyiq, Muhmmad bin Abdullah bin
Hayuyah An Naisaburi, Abu Ja’far al Thahawi, Al Hasan bin al Khadir Al Asyuti, Muhammad
bin Muawiyah bin al Ahmar al Andalusi, Abu Basyar ad Dulabi, Abu Bakr Ahmad bin
Muhammad as Sunni serta yang lainya.
Persaksian para ulama terhadap beliau
Dari kalangan ulama seperiode beliau dan murid-muridnya banyak yang
memberikan pujian dan sanjungan kepada beliau, beliauntara mereka yang
memberikan pujian kepada beliau adalah;
1.
Abu
‘Ali An Naisaburi menuturkan; ‘beliau adalah tergolong dari kalangan imam kaum
muslimin.’ Sekali waktu beliau menuturkan; beliau adalah imam dalam bidang
hadits dengan tidak ada pertentangan.’
2.
Abu
Bakr Al Haddad Asy Syafi’I menuturkan; ‘aku ridla beliau sebagai hujjah antara
aku dengan Allah Ta’ala.’
3.
Manshur
bin Isma’il dan At Thahawi menuturkan; ‘beliau adalah salah seorang imam kaum
muslimin.’
4.
Abu
Sa’id bin yunus menuturkan; ‘ beliau adalah seorang imam dalam bidang hadits,
tsiqah, tsabat dan hafizh.’
5.
Al
Qasim Al Muththarriz menuturkan; ‘beliau adalah seorang imam, atau berhak
mendapat gelar imam.’
6.
Ad
Daruquthni menuturkan; ‘Abu Abdirrahman lebih di dahulukan dari semua orang
yang di sebutkan dalam disiplin ilmu ini pada masanya.’
7.
Al
Khalili menuturkan; ‘beliau adalah seorang hafizh yang kapabel, di ridlai oleh
para hafidzh, para ulama sepakat atas kekuatan hafalannya, ketekunannya, dan
perkataannya bisa dijadikan sebagai sandaran dalam masalah jarhu wa ta’dil.’
8.
Ibnu
Nuqthah menuturkan; ‘beliau adalah seorang imam dalam disiplin ilmu ini.’
9.
Al
Mizzi menuturkan; ‘beliau adalah seorang imam yang menonjol, dari kalangan para
hafizh, dan para tokoh yang terkenal.’
Hasil karya beliau
Imam Nasa`i mempunyai beberapa hasil karya, diantaranya adalah; As
Sunan Ash Shughra, As Sunan Al Kubra, Al Kuna, Khasha`isu ‘Ali, ‘Amalu Al Yaum
wa Al Lailah, At Tafsir, Adl Dlu’afa wa al Matrukin, Tasmiyatu Fuqaha`i Al
Amshar, Tasmiyatu man lam yarwi ‘anhu
ghaira rajulin wahid, Dzikru man haddatsa ‘anhu Ibnu Abi Arubah, Musnad ‘Ali
bin Abi Thalib, Musnad Hadits Malik, Asma`u ar ruwah wa at tamyiz bainahum, Al
Ikhwah, Al Ighrab, Musnad Manshur bin Zadzan serta Al Jarhu wa ta’dil.
Wafatnya beliau
Setahun menjelang
kemangkatannya, beliau pindah dari Mesir ke Damsyik. Dan tampaknya tidak ada
konsensus ulama tentang tempat meninggal beliau. Al-Daruqutni mengatakan,
beliau di Makkah dan dikebumikan beliauntara Shafa dan Marwah. Pendapat yang
senada dikemukakan oleh Abdullah bin Mandah dari Hamzah al-’Uqbi al-Mishri.
Sementara ulama yang lain, seperti Imam al-Dzahabi, menolak
pendapat tersebut. Ia mengatakan, Imam al-Nasa’i meninggal di Ramlah, suatu
daerah di Palestina. Pendapat ini didukung oleh Ibn Yunus, Abu Ja’far
al-Thahawi (murid al-Nasa’i) dan Abu Bakar al-Naqatah. Menurut pandangan
terakhir ini, Imam al-Nasa’i meninggal pada tahun 303 H dan dikebumikan di Bait
al-Maqdis, Palestina. Inna lillah wa Inna Ilai Rajiun. Semoga jerih payahnya
dalam mengemban wasiat Rasullullah guna menyebarluaskan hadis mendapatkan
balasan yang setimpal di sisi Allah. Amiiin.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar