Blem.com: MUSREMBANGDES PESAREAN HASILKAN TIGA KESEPAKATAN

Selasa, Januari 16, 2018

MUSREMBANGDES PESAREAN HASILKAN TIGA KESEPAKATAN

Dalam rangka penyusunan rencana kegiatan pembangunan daerah (RKPD) kabupaten Tegal maka setiap desa harus mengadakan musyawarah rencana pembangunan desa (Musrenbangdes). Hal ini dilakukan sebagai upaya menggali berbagai aspirasi dari masyarakat desa terkait dengan kebutuhan desa dalam hal pembangunan desa.

Musrenbangdes sendiri merupakan program tahunan yang wajib dilaksanakan oleh setiap desa. Dimana desa wajib melaksanakannya setiap bulan januari dan bulan Juni.

Adapun dalam musrenbangdes bulan januari adalah. Musyawarah dalam rangka penyusunan RKPD kabupaten. Dan musrenbangdes bulan juni merupakan dalam rangka perencanaan pembangunan desa yang didanai oleh DD, ADD, PAD, Banprov, PDPM dan sebagainya.

Sebagai upaya menggali aspirasi tersebut maka tim dari kecamatan Pagerbarang melakukan pendampingan demi terlaksananya kegiatan tersebut.

Musrenbangdes kecamatan sendiri dilaksanakan di 13 desa yang ada sejak tanggal 4-16 Januari 2018.

Kegiatan musrenbangdes di wilayah kecamatan Pagerbarang dihadiri oleh DPRD, Pemdes, Camat, Kasi, PD, PLD, UPTD, Tomas, Toga, BPD, RT, RW dan dari berbagai elemen dan unsur masyarakat.

Sebagai penutup dari pelaksanaan kegiatan tersebut, Pesarean menjadi desa yang paling ahir melaksanakan musyawarah. Meskipum demikiam tidakmenyurutkan semangat dalam bermusyawarah.
Hal ini tercermin dari hasil yang dicapai dalam musyawarah tersebut diantaranya:

1. Pembangunan ruang kelas baru SD 02
2. Pembangunan jalan usaha tani
3. Pemberdayaan masyarakat (pelatihan menjahit)

Ketiga usulan diatas merupakan hasil dari berbagai usulan yang berhasil dihimpum oleh panitia dan telah mendapat persetujuan. (Blem)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar