Biografi Imam Ahmad[1]
Nama imam Ahmad adalah Ahmad bin Muhamad bin Hanbal bin Hilal bin
Asad bin Idris bin Abdullah bin Hayyan bin Abdullah bin Anas bin 'Auf bin
Qasithi bin Marin bin Syaiban bin Dzuhl bin Tsa'labah bin Uqbah bin Sha'ab bin
Ali bin Bakar bin Wail. Adapun kuniyah beliau Abu Abdillah. Bapak dan
ibu beliau adalah orang Arab, keduanya anak Syaiban bin Dzuhl bin Tsa'labah,
seorang Arab asli. Bahkan nasab beliau bertemu dengan Nabi shallallahu 'alaihi
wa sallam di Nazar. Imam Ahmad dilahirkan pada tanggal 20 robiul awal tahun 164
hijriyah di kota Baghdad. Ada yang berpendapat bahwa di Marwa, kemudian dibawa
ke Baghdad ketika beliau masih dalam penyusuan.
Ayah Imam Ahmad dan kakeknya meninggal ketika beliau lahir,
sehingga semenjak kecil ia hanya mendapatkan pengawasan dan kasih sayang ibunya
saja. Jadi, beliau tidak hanya sama dengan Nabi shallallahu 'alaihi wa sallam
dalam masalah nasab saja, akan tetapi beliau juga sama dengan Nabi shallallahu
'alaihi wa sallam dalam masalah yatim.
Meskipun imam Ahmad tidak
mewaritsi harta dari ayah dan kakeknya, tetapi beliau telah mewaritsi dari
kakeknya kemulian nasab dan kedudukan, sedang dari ayahnya telah mewaritsi
kecintaan terhadap jihad dan keberanian. Ayah beliau, Muhammad bin Hambal
menemui ajalnya ketika sedang berada di medan jihad, sedang kakeknya, Hambal
bin Hilal adalah seorang penguasa daerah Sarkhas, pada saat kekhilafahan
Umawiyyah.
Imam Ahmad memulai menuntut ilmu pada tahun 179 Â hijriah, pada
saat itu beliau berusia empat belas tahu, beliau menuturkan tentang dirinya; '
ketika aku masih anak-anak, aku modar-mandir menghadiri sekolah menulis,
kemubeliaun aku bolak-balik datang keperpustakaan  ketika aku berumur empat
belas tahun.Beliau mendapatkan pendidikannya yang pertama di kota Baghdad. Saat
itu, kota Bagdad telah menjadi pusat peradaban dunia Islam yang penuh dengan
beragam jenis ilmu pengetahuan. Di sana tinggal para qari', ahli hadits, para
sufi, ahli bahasa, filosof, dan sebagainya.
Saat berumur 14 tahun beliau telah menghafal Alquran dan
mempelajari ilmu-ilmu bahasa Arab di al-Kuttab. Kemudian beliau melanjutkan
pendidikannya ke ad-Diwan. Beliau terus menuntut ilmu dengan penuh semangat
yang tinggi dan tidak mudah putus asa. Keteguhan dalam mencari ilmu telah
mengantarkan imam Ahmad menjadi ulama besar dan disegani, baik dari kalangan
masyarakat awwam, terpelajar maupun dari kalangan penguasa. Dalam rihlah
ilmiyyah yang beliau jalani, ada satu pelajaran yang patut kita contoh, setiap
kali bekalnya habis, beliau selalu mendermakan dirinya untuk bekerja guna
melanjutkan perjalanannya. Ia tidak mau menerima uang ataupun materi lainnya
selain dari hasil kerja keras dan hasil keringatnya sendiri.
Kecintaannya kepada ilmu begitu luar biasa. Karenanya, setiap kali
mendengar ada ulama terkenal di suatu tempat, ia rela menempuh perjalanan jauh
dan waktu lama hanya untuk menimba ilmu dari sang ulama. Kecintaan kepada ilmu
jua yang menjadikan beliau rela tak menikah dalam usia muda. Beliau baru
menikah setelah usia 40 tahun.
Adapun diantara negri yang beliau kunjungi adalah:
1.
Bashrah;
beliau kunjungi pada tahun 186 hijriah, kedua kalinya beliau mengunjungi pada
tahun 190 hijriah, yang ketiga beliau kunjungi pada tahun 194 hijriah, dan yang
keempat beliau mengunjungi pada tahun 200 hijriah. Kufah: beliau mengunjunginya
pada tahun 183 hijriah, dan keluar darinya pada tahun yang sama, dan ini
merupakan rihlah beliau yang pertama kali setelah keluar dari Baghdad.
2.
Makkah;
beliau memasukinya pada tahun 187 hijriah, di sana berjumpa dengan imam
Syafi'i. kemubeliaun beliau mengunjunginya lagi pada tahun 196 hijriah, dan
beliau juga pernah tinggal di Makkah pada tahun 197, pada tahun itu bertemu
dengan Abdurrazzaq. Kemubeliaun pada tahun 199 hijriah beliau keluar dari
Makkah.
3.
Yaman;
beliau meninggalkan Makkah menuju Yaman dengan berjalan kaki pada tahun 199
hijriah. Tinggal di depan pintu Ibrahim bin 'Uqail selama dua hari dan dapat
menulis hadits dari Adurrazzaq.
4.
Tharsus;
Abdullah menceritakan; ' ayahku keluar menuju Tharsus dengan berjalan kaki.
5.
Wasith;
Imam Ahmad menuturkan tentang perjalanan beliau; ' aku pernah tinggal di tempat
Yahya bin Sa'id Al Qaththan, kemubeliaun keluar menuju Wasith.'
6.
Ar
Riqqah; Imam Ahmad menuturkan; 'Di Riqqah aku tidak menemukan seseorang yang
lebih utama ketimbang Fayyadl bin Muhammad bin Sinan.'
7.
Ibadan;
beliau mengunjunginya pada tahun 186 hijriah, di sana tinggal Abu Ar Rabi' dan
beliau dapat menulis hadits darinya.
8.
Mesir;
beliau berjanji kepada imam Syafi'I untuk mengunjunginya di Mesir, akan tetapi
dirham tidak menopangnya mengunjungi imam Syafi'I di sana.
Guru-guru beliau
Semenjak kecil imam Ahmad memulai untuk belajar, banyak sekali
guru-guru beliau, beliauntaranya: Husyaim bin Basyir, imam Ahmad berguru
kepadanya selama lima tahun di kota Baghdad, Sufyan bin Uyainah, Ibrahim bin
Sa'ad , Yahya bin Sa'id al Qathth, Ismail bin 'Ulaiyah, Al Imam Asy Syafi'i, Al
Qadli Abu Yusuf, Ali bin Hasyim bin al Barid, Mu'tamar bin Sulaiman, Waki' bin
Al Jarrah, Amru bin Muhamad bin Ukh asy Syura, Ibnu Numair, Abu Bakar Bin Iyas,
Muhamad bin Ubaid ath Thanafusi, Yahya bin Abi Zaidah, Abdul Rahman bin Mahdi,
Yazid bin Harun, Abdurrazzaq bin Hammam Ash Shan'ani, Muhammad bin Ja'far serta
masih banyak lagi yang lainya.
Murid-murid beliau
Tidak hanya ahli hadits dari kalangan murid-murid beliau saja yang
meriwayatkan dari beliau, tetapi guru-guru beliau dan ulama-ulama besar pada
masanyapun tidak ketinggalan untuk meriwayatkan dari beliau. Dengan ini ada
klasifikasi tersendiri dalam kategori murid beliau, diantaranya adalah Guru
beliau yang meriwayatkan hadits dari beliau yaitu: Abdurrazzaq, Abdurrahman bin
Mahdi, Waki' bin Al Jarrah, Al Imam Asy
Syafi'i, Yahya bin Adam, Al Hasan bin Musa al Asy-yab
Sedangkan dari ulama-ulama besar pada masanya yang meriwayatkan
dari beliau adalah: Al Imam Al Bukhari, Al Imam Muslim bin Hajjaj, Al Imam Abu
Daud, Al Imam At Tirmidzi, Al Imam Ibnu Majah, Al Imam An Nasa`i
Adapun murid-murid beliau
yang meriwayatkan dari beliau adalah: Ali bin Al Madini
Yahya bin Ma'in, Dahim Asy Syami, Ahmad bin Abi Al Hawari serta Ahmad
bin Shalih Al Mishri.
Persaksian para ulama terhadap beliau
1.
Qutaibah
menuturkan; sebaik-baik penduduk pada zaman kita adalah Ibnu Al Mubarak,
kemubeliaun pemuda ini (Ahmad bin Hambal), dan apabila kamu melihat seseorang
mencintai Ahmad, maka ketahuilah bahwa beliau adalah pengikut sunnah. Sekiranya
beliau berbarengan dengan masa Ats Tsauri dan al Auza'I serta Al Laits, niscaya
Ahmad akan lebih di dahulukan ketimbang mereka. Ketika di tanyakan kepada
Qutaibah; apakah anda menggabungkan Ahmad dalam kategori Tabi'in? maka beliau
menjawab; bahkan kibaru at tabi'in. dan beliau berkata; 'kalau bukan karena Ats
Tsauri, wara' akan sirnah. Dan kalau bukan karena Ahmad, dien akan mati.'
2.
Asy
Syafi'I menuturkan; aku melihat seorang pemuda di Baghdad, apabila beliau
berkata; 'telah meriwayatkan kepada kami,' maka orang-orang semuanya berkata;
'beliau benar'. Maka ditanakanlah kepadanya; 'siapakah beliau?' beliau
menjawab; 'Ahmad bin Hambal.'
3.
Ali
bin Al Madini menuturkan; sesungghunya Allah memuliakan agama ini dengan
perantaraan Abu Bakar pada saat timbul fitnah murtad, dan dengan perantaraan
Ahmad bin Hambal pada saat fitnah Al qur`an makhluk.'
4.
Abu
'Ubaidah menuturkan; 'ilmu kembali kepada empat orang' kemubeliaun beliau
menyebutkan Ahmad bin Hmabal, dan beliau berkata; 'beliau adalah orang yang
paling fakih beliauntara mereka.'
5.
Abu
Ja'far An Nufaili menuturkan; 'Ahmad bin Hambal termasuk dari tokoh agama.'
6.
Yahya
bin Ma'in menuturkan; 'Aku tidak pernah melihat seseorang yang meriwayatkan
hadits karena Allah kecuali tiga orang; Ya'la bin 'Ubaid, Al Qa'nabi, Ahmad bin
Hambal.'
7.
Ibrahim
berkata; 'orang 'alim pada zamannya adalah Sa'id bin Al Musayyab, Sufyan Ats
Tsaur di zamannya, Ahmad bin Hambal di zamannya.'
8.
Ibnu
bi Hatim menuturkan; 'Aku bertanya kepada ayahku tentang 'ali bin Al Madini dan
Ahmad bin Hambal, siapa beliauntara kedunya yang paling hafizh?' maka ayahku
menjawab; ' keduanya didalam hafalan saling mendekat, tetapi Ahmad adalah yang
paling fakih.'
Imam Syafi'i masuk menemui Imam Ahmad dan berkata, “Engkau lebih
tahu tentang hadits dan perawi-perawinya. Jika ada hadits shahih (yang engkau
tahu), maka beri tahulah aku. Insya Allah, jika (perawinya) dari Kufah atau
Syam, aku akan pergi mendatanginya jika memang shahih. Ini menunjukkan
kesempurnaan agama dan akal Imam Syafi'i karena mau mengembalikan ilmu kepada
ahlinya.
Hasil karya beliau
Diantara hasil karya Imam Bukhari adalah sebagai berikut : Al
Musnad, Al 'Ilal, An Nasikh wa al
Mansukh, Az Zuhd, Al Asyribah, Al Iman, Al Fadla`il, Al Fara`idl, Al Manasik, Tha'atu
ar Rasul, Al Muqaddam wa al mu`akhkhar, Jawwabaatu al qur`an, Haditsu Syu'bah, Nafyu
at tasybih, Al Imamah, Kitabu al fitan, Kitabu fadla`ili ahli al bait, Musnad
ahli al bait, Al asmaa` wa al kunaa, Kitabu at tarikh. Serta masih ada lagi
buku-buku yang di nisbahkan kepada imam Ahmad, diantaranya: At tafsir. Adz
Dzahabi berpendapat bahwa buku tersebut tidak ada, Ar Risalah fi ash shalah
serta Ar Radd 'ala al jahmiyyah.
Ada lagi beberapa hasil karya beliau yang di kumpulkan oleh Abu
Bakar al Khallal, diantaranya: Kitabu al 'illal, Kitabu al 'ilmi dan juga Kitabu
as sunnah.
Wafatnya beliau
Pada permulaan hari Jumat
tanggal 12 Rabi'ul Awwal tahun 241, beliau menghadap kepada rabbnya menjemput
ajalnya di Baghdad. Kaum muslimin bersedih dengan kepergian beliau. Tak sedikit
mereka yang turut mengantar jenazah beliau sampai beratusan ribu orang. Ada
yang mengatakan 700 ribu orang, ada pula yang mengatakan 800 ribu orang, bahkan
ada yang mengatakan sampai satu juta lebih orang yang menghadirinya. Semuanya
menunjukkan bahwa sangat banyaknya mereka yang hadir pada saat itu demi
menunjukkan penghormatan dan kecintaan mereka kepada beliau.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar