Blem.com: Inilah Kalimat Cinta Dari Allah

Rabu, Juli 25, 2018

Inilah Kalimat Cinta Dari Allah


Sebagai hamba yang penuh dengan kekurangan, manusia diajarkan oleh Allah melalui nabiNya senantiasa bertobat. Taubat yang berarti menyesal dan mengakui kesalahan yang telah dilakukan. Serta berjanji tidak akan mengulangi. Oleh karenanya nabi Muhammada saw. Mengajarkan agar manusia lebih banyak beristihfar. Yaitu astaghfirullahal adzim.  Kalimat ini berarti juga pengakuan terhadap apa yang ia lakukan.

Baca Juga: Macam-macam Cinta
                  Cara Memilih Teman

Dalam beberapa hadisnya, nabi Muhammad mengajarkan agar manusia lebih banyak melakukan istighfar ini meskipun tanpa didahului melakukan kesalahan. Sebab pada dasarnya manusia adalah tempatnya salah dan dosa. Ia tidak tahu kapan ia berbuat dosa. Sebab terkadang ia melakukan tanpa menyadari bahwa yang dilakukannya adalah perebuatan salah.

Adanya sifat manusia yang salah ini bukti bahwa Allah akan memberikan ganjaran yang berbeda di akhirat kelak. Kepada hambaNy yang rajin melakukan ibadah, Ia menjanjikan surge. Sebaliknya, bagi hamba yang membangkang terhadap perintahNya akan diberi olehNa neraka.

Disini peran keimanan sangat menentukan terhadap tingkah laku  manusia. Bila memiliki iman yang kuat, apa yang dilakukannya pun akan baik.  Oleh karenanya Allah memberikan pertolongan terhadap hambaNya dengan memberikan empat kalimat yang terkandung di dalam basmalah. Atau yang sering dilafadzkan “bismillahirrahmaanirrahiim” yang dalam bahasa Indonseia diartikan “dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang”.

Perlu diketahui bahwa kalimat bismillahirrahmaanirrahiim memiliki empat kata. Yaitu bismi, allaahi, arrahmaani dan arrahiimi. Imam nawawi menjelaskan bahwa keempat kalimat tersebut merupakan pertolongan Allah dari godaan Syetan. Sebab syetan berkata “ Aku akan mendatangi Bani Adam dari depan dan belakang, dari sebelah kanan dan kiri. Oleh karenanya, Allah menurunkan kalimat ini agar selamat dari syetan yang dating dari empat penjuru.

Kalimat tersebut juga mengisyaratkan kepada manusia bahwa perbuatan maksiat yang dilakukan oleh orang-orang mukmin dilakukan dalam empat keadaan yaitu keadaan sembunyi-sembunyi, terang-terangan, pada waktu malam dan siang hari. Maka dengan kalimat ini Allah jadikan sebagai penebus dosa-dosa.
Dengan demikian, maka membaca basmalah tentu akan mendatangkan manfaat bagi orang mukmin. Dari godaan dan rayuan Syetan. Serta menebus dosa-dosa yang telah ia lakukan.

Dalam sebuah hadis Rasulullah saw pernah bersabda yang artinya :”setiap perkara baik, apabila tidak didahului dengan bacaan basmalah, maka tidak berkah”. Hal ini mengisyaratkan pula bahawa keberkahan suatu pekerjaan akan didapat apabila didahului dengan basmalah. Sebab dengan membacanya, syetan dari empat penjuru tidak akan mengganggunya. Semoga dengan kalimat cinta dari Alah ini kita semua akan mendapatkan perlindungan dariNya. Aamiin.
                      Kunci Meraih Kebahagiaan dan Kesuksesan
                      Hikmah Dibalik Ujian
                      Sifat-sifat Hati

Tidak ada komentar:

Posting Komentar